CALL US TODAY FOR A CONSULTATION

+62 821 2607 8588

Strategi Pemasaran Toko Online Supaya Laris Manis

Diperbarui: Jun 8

Kalian yakin bahwa hanya dengan menyediakan produk bagus saja tak lantas laku banyak, kalah sama yang pintar menarik hati. Sebisa mungkin, tak hanya punya produk bagus, tapi juga paham strategi pemasaran toko online supaya laris manis.

Bisnis online shop punya citra bagus jika kalian dapat kepercayaan dari konsumen, baik lewat testimoni atau rekomendasi ke teman-temannya. Nyatanya, kalian juga perlu banyak strategi pemasaran toko online agar mampu bersaing.

Kadang pula, strategi yang sama dilakukan oleh dua pelaku bisnis berbeda belum tentu dapat nilai yang sama, sebab semua kembali pada apa yang kalian tawarkan, harga yang terjangkau, desain web yang mudah dipahami, dan kepercayaan konsumen.

Nah, sebelum kalian kesal dengan trafik pengunjung yang tak beranjak naik dan produk susah laku, barangkali kalian perlu menerapkan strategi pemasaran toko online seperti berikut ini supaya laris manis.


1. Maksmimalkan Relasi

Punya jaringan pertemanan yang luas memang menguntungkan terutama menyangkut bisnis. Produk yang kalian jual punya kesempatan berkembang luas dengan memanfaatkan jaringan ini, terlebih jika antusiasme membeli produk yang kalian tawarkan terlihat bagus.

Tapi sebagai permulaan, kalian bisa mengawalinya dengan menawarkan produk pada lingkaran jaringan yang paling kecil. Bisa itu teman dekat, keluarga, dan kerabat. Diihat dari situ, kalian bisa mengukur seperti apa reaksi konsumen di luar sana terhadap produk yang kalian jual.

#2. Buat Konten Semenarik Mungkin

Menjalankan bisnis di online shop tak cukup menyediakan produk yang bagus semata, lalu posting, dan posting setiap hari dengan cara yang sama, dengan bahasa seperti koran. Membosankan. Aktivitas yang sama tak cuma berlaku di website yang kalian miliki, tapi juga media sosial.

Apa yang kalian jual dengan bahasa yang tidak menjual? Tak perlu bahasa provokatif dan imajinatif, yang terpenting mengena dan menarik perhatian. Bagaimana caranya membuat konten website menarik? Kalian jangan cuma jual produk, tapi isi konten dengan beragam artikel informatif.

Misalkan kalian jualan produk aksesori motor, kalian juga sah-sah saja membagikan tips perawatan motor dan tips berkendara yang baik. Atau kalau kalian tak cukup mampu untuk itu, kalian bisa sewa jasa penulis artikel dengan mengoptimalisasikan mesin pencari.

Jangan berhenti sampai di situ, kualitas foto dan video sangat berpengaruh terhadap kredibilitas web kalian. Usahakan foto berkualitas tinggi, tapi ukurannya jangan terlalu besar, atau nanti konsumen keburu pergi karena lama menunggu foto muncul.


2. Bergabung dengan Situs Marketplace

Strategi pemasaran toko online paling jitu adalah membuka toko di situs marketplace atau e-commerce. Kalian bisa bertemu ragam konsumen dari berbagai penjuru dan bersaing bersama toko sejenis yang memajang produk sejenis.

Strategi marketing berlaku di sini. Tak hanya barang bagus, tapi kalian juga perlu mempercantik dengan kalimat yang menarik. Sehingga, di deretan produk dan toko sejenis, toko kalianlah yang jadi pusat perhatian.


3. Cobalah Google Adwords

Sebagai strategi pemasaran toko online supaya menarik minat konsumen, bergabung dengan Google Adwords terbukti paling efektif. Cara kerjanya adalah kalian memakai kata kunci berhubungan dengan produk yang kalian jual.

Dengan begitu, saat calon konsumen mencari kata itu di Google akan muncul iklan produk kalian di halaman pertama Google bersama dengan artikel rekomendasi lainnya. Potensi menarik konsumen cenderung tinggi, karena konsumen mencari apa yang mereka cari.


4. Manfaatkan Database Konsumen

Kalau selama ini kalian dihubungi konsumen yang beli produk kalian baik lewat chat WhatsApp, IG, Facebook, atau alamat e-mail jangan pernah hapus kontak tersebut. Kalau kalian jeli, kalian bisa memanfaatkan jejak digitalnya sebagai konsumen di toko kalian.

Dengan strategi pemasaran toko online ini, kalian bisa menghubungi kembali konsumen lama kalian seperti misalnya menawarkan produk atau jasa terbaru kalian. Kalau perlu, tawari mereka untuk mengaktifkan notif website supaya tahu update produk atau artikel terbaru.


5. Perbanyak Pilihan Produk

Konsumen pasti bosan dengan pilihan produk yang itu-itu saja. Hal itulah yang membuat kalian seolah tak pernah membaca tren dan lama-lama ditinggalkan konsumen. Jangan biarkan itu terjadi, strategi pemasaran toko online mengharuskan kalian menambah varian produk.

Umpama kalian jualan sepatu, boleh jadi di awal bisnis kalian hanya memasarkan jenis sepatu sneakers. Otomatis pangsa pasar kalian hanya berhenti di peminat sepatu sneakers, sedangkan jenis sepatu ada banyak. Coba kombinasikan dengan sepatu kets, pantofel, dan lain sebagainya.


6. Optimalkan Pelayanan Prima

Kehidupan dunia maya memang tak kenal waktu. Kadang, konsumen bisa order kapan saja sekalipun itu tengah malam. Padahal tingkat kepuasan pelanggan ada pada jika kalian merespon cepat dan melayaninya dengan ramah.

Tak perlu tak tidur untuk melakukan pelayanan prima pada konsumen. Kalian bisa memasang info jam berapa saja kalian bisa melayani penjualan. Sebagai gantinya, saat jam pelayanan jual beli, kalian harus responsif serta ramah dalam menghadapi konsumen.


7. Bangun Jaringan Reseller

Supaya produk kalian semakin laris manis di pasaran, cobalah membangun jaringan reseller. Pada praktiknya, reseller lah yang akan memasarkan produk kalian ke berbagai pasar masing-masing reseller dengan ketentuan pembagian keuntungan yang kalian sepakati bersama.

Cara membangun reseller ini susah-susah gampang. Kalian bisa saja menawarkan jasa reseller ini pada konsumen aktif kalian, yang betulan ingin jualan, dan memang punya minat pada produk yang kalian jual.

Saat sudah punya jaringan reseller, jangan terpaku hanya pada bagaimana meraih omzet, tapi bina reseller dengan pengetahuan marketing serta jalin kedekatan dengan jaringan yang kalian buat itu lewat aplikasi chat supaya tak mudah lari tanpa jejak.

Tak cukup sampai di situ, reseller tidak kenyang jika hanya dicekoki komisi umum dan pengetahuan menggaet konsumen. Tapi pertimbangkan juga memberi reseller bonus atau reward jika telah melakukan prestasi penjualan sesuai ketentuan yang telah kalian tetapkan.


8. Gunakan Trik Penarik Perhatian di Website Jual Beli

Beda halnya dengan pembuatan konten marketing yang mengedepankan SEO, trik menarik dalam strategi penjualan toko online kalian lebih tertuju pada visualisasi. Bukan bermaksud membuat manipulasi, tapi lebih ke bagaimana memanfaatkan penglihatan konsumen pada ilusi.

Ilusi di sini bukan ilmu yang dipraktikkan magician untuk menipu mata, tapi teknik pemilihan warna, gambar, dan frase tertentu dengan tingkat kontras yang mencolok. Bukankah yang kontras selalu menarik perhatian?

Selanjutnya adalah teknik pemanfaatan tren yang digandrungi konsumen. Biasanya konsumen lebih suka mencari produk best seller. Kenapa terjadi? Sebab konsumen merasa aman di zona nyaman. Mencari produk tren di kolom best seller, membuat konsumen berada di kehidupan masa

0 tampilan
  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

#CobaKonsultasiAja