CALL US TODAY FOR A CONSULTATION

+62 821 2607 8588

Inspirasi Bisnis Kecil dengan Modal 500 Ribu

Diperbarui: Jun 8

Bertahan hidup dengan modal terbatas memang sulit. Sementara itu keinginan bekerja di perusahaan sudah tak ada peluang karena mungkin kalian tak masuk kriteria, bisa kelewat usia, tak cocok dengan kualifikasi, dan tak punya pengalaman tertentu.

Maka tak ada salahnya kalian coba membuka bisnis. Tak perlu punya banyak modal untuk memulai bisnis kecil-kecilan. Sikap pesimistif tidak akan menghasilkan apa-apa. Sebaliknya, kalian harus mampu mencari peluang supaya tetap bertahan hidup dengan kondisi keuangan terbatas.

Banyak contoh wirausahawan yang memulai bisnis kecilnya dengan modal yang sama minimnya. Tapi siapa sangka tahun-tahun berlalu menjadikan bisnis kecil itu meraksasa. Membuka bisnis, yang kalian perlukan bukan modal besar, tapi kreativitas juga adalah modal itu sendiri.

Penting bagi kalian ketahui inspirasi bisnis kecil apa saja yang bisa diwujudkan dengan modal 500 ribu bahkan kurang dari itu. Mari simak apa saja bisnis kecil itu.


1. Membuka Usaha Pesanan Kue

Memang usaha pesanan kue bisa dengan hanya modal 500 ribu Rupiah? Nyatanya bisa. Modal 500 ribu itu bisa kalian pakai untuk membeli peralatan pembuat kue seperti loyang kue, oven, mixer, kertas roti, timbangan, spatula, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana dengan bahan pembuat kue? Bagaimana mungkin 500 ribu bisa beli peralatan dan bahan-bahan kue? Tenang, kalian bisa membuat sistem DP pada pelanggan yang ingin memesan kue kalian. Begitu seterusnya sampai laba kalian terkumpul.

Begitu keuntungan kalian cukup untuk membeli bahan-bahan, kalian bisa bereksperimen buat berbagai macam kue yang nantinya bisa kalian pasarkan di warung-warung atau dititip di minimarket. Tak ada salahnya jika kalian memasarkannya via online.

Hanya saja, bisnis pesanan kue ini cuma berlaku jika kalian memang punya hobi membuat kue dan kebetulan rasanya juga enak. Sehingga membuat bisnis kue adalah jawabannya.


2. Jualan Jajanan Anak

Inspirasi bisnis kecil selanjutnya adalah jualan jajanan anak seperti sempol, sosis bakar, tempura, pentol kuah, dan lain sebagainya. Kalian bahkan tak perlu sewa tempat untuk membuka bisnis ini, yang mana teras rumah kalian bisa jadi media untuk memasarkannya.

Siapa target market-nya? Karena target market-nya adalah anak-anak, maka kalian harus membuatnya dengan porsi anak-anak, harga terjangkau, dan menjamin kebersihannya. Sebab anak-anak yang pergi bermain kadang suka lupa mencuci tangan sebelum makan.

Meskipun kelihatannya sepele, tapi kalau kalian serius menjalankan bisnis ini, omzet jutaan rupiah bisa membuat modal awal kalian terlipat berkali lipat.


3. Membuka Usaha Warung Kopi Kecil-kecilan

Jangan muluk-muluk membayangkan warung kopi yang instagramable dan estetik buat nongkrong itu. Menjawab kebutuhan konsumen pada konsumsi kopi yang sudah membumi, modal 500 ribu sangat cukup untuk membangun warung kopi kecil-kecilan di pinggir jalan atau di teras rumah.

Peralatan seperti kompor, gelas, sendok, ceret, dan lainnya bisa kalian gunakan dengan memanfaatkan apa yang ada di rumah dulu. Selanjutnya, kalau inspirasi bisnis kecil yang kalian bangun sudah balik modal, bisa menambah inventaris lagi.


4. Jualan Pulsa Elektronik

Tak perlu membangun sebuah gerai counter untuk memulai inspirasi bisnis kecil ini. Kalian bahkan bisa jualan pulsa sambil jalan-jalan, asalkan ada sinyal dan telepon seluler. Dengan 500 ribu, kalian bisa mendaftar ke agen pulsa terpercaya.

Setelah pendaftaran selesai, kalian bisa beritahukan bisnis baru kalian pada teman, saudara, keluarga lewat media sosial atau aplikasi chat. Biasanya pasti antusias dan responsif begitu mendengar kalian jualan pulsa.

Hanya saja, keuntungan dari bisnis jualan pulsa memang tak sespektakuler bisnis kecil lain yang meraksasa. Belum lagi momok jahat yang suka bayar pulsa belakangan, selalu berujung lupa. Tapi kalau kalian rajin dan tekun dalam bisnis ini, keuntungannya bisa berlipat ganda.


5. Membuat Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Kalian punya skill yang mumpuni di bidang seni dan kerajinan tangan? Coba kreasikan barang bekas apa saja yang bisa kalian permak jadi barang bagus bernilai jual. Misalkan di rumah kalian punya botol air mineral bekas yang banyak, kalian bisa mengubahnya jadi kap lampu.

Atau kalian punya kardus bekas, kalian bisa sulap jadi rumah kucing yang bagus. Koran bekas juga bisa kalian anyam jadi keranjang. Peralatan yang kalian perlukan cuma lem, cutter, desain, penggaris, pensil, gunting, dan lain sebagainya.

Lalu pekerjaan selanjutnya adalah memasarkannya ke konsumen. Jika produk yang kalian hasilkan punya kualiatas tinggi, sekalipun harganya mahal pasti disukai konsumen. Dan itu sangat prospektif untuk kemajuan bisnis kalian ke depannya.


6. Menjadi Dropshipper atau Reseller

Bisa dibilang, menjadi dropshipper bahkan tak perlu modal 500 ribu, malah tanpa modal sama sekali. Kalian cuma perlu mendaftar sebagai dropshipper, posting foto produk di media sosial kalian, dan meneriman pesanan dari konsumen kalian.

Selanjutnya, karena dalam inspirasi bisnis kecil ini kalian tidak punya stok barang, kalian hanya perlu memesankan pesanan produk konsumen kalian pada supplier yang memang pemasok barang. Dengan cara ini, kalian bisa dapat keuntungan dari produk yang sudah kalian jual.

Misalnya supplier mematok harga baju 100 ribu, ketika kalian bisa menjual 150 ribu, maka keuntungan kalian 50 ribu per baju. Jika kalian mampu menjual 10 baju sehari, keuntungan kalian 500 ribu rupiah. Bayangkan itu terjadi setiap hari.


7. Menjadi Penulis Lepas

Kalian pintar menulis? Siapa sangka kalau ternyata menulis juga bisa jadi ladang bisnis. Dalam inspirasi bisnis kecil, menulis bahkan tak sampai perlu modal 500 ribu. Riset kecil-kecilan di internet rasanya tak sampai perlu kuota seharga 500 ribu.

Kegiatan menulis apa saja yang bisa menghasilkan rupiah? Salah satunya kalian bisa jadi penulis lepas atau freelancer. Penulis seperti ini sangat diperlukan untuk memberikan informasi yang akurat dan menarik bagi pembaca online.

Kadangkala, pemilik situs tak bisa mengatasi sendiri atas permintaan artikel yang tayang setiap hari. Sementara itu, kalau situs tak di-posting setiap hari bisa menurunkan trafik pengunjung dan akibatnya penghasilan juga menurun.

Untuk mengatasi hal tersebut, keberadaan penulis lepas sangat membantu untuk menjaga kestabilan pengunjung dan tetap menyediakan konten menarik setiap hari. Harga yang ditawarkan pun beragam, terutama dari situs besar, mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.


8. Menjadi Blogger

Pada dasarnya, kalian semua adalah pedagang. Bedanya ada pada komoditas. Kalau biasanya kalian berbisnis dengan produk berbentuk nyata dan bisa dipegang, coba pikirkan kembali. Tulisan juga barang dagangan, tapi bukan sesuatu yang bisa dipegang.

Upaya menyalurkan hobi menulis tak perlu jadi seorang penulis buku yang berakhir di lapak pembajak buku, tak juga harus jadi penulis lepas, tapi bermula jadi blogger gratisan. Meski mulanya kalian tak dapat sepeser pun rupiah dari blog gratisan ini.

Tapi jika kalian rutin menulis setiap hari, punya konten menarik untuk dibaca, lambat laun trafik pengunjung akan meningkat pada waktunya. Setelah mencapai level tertentu kalian bisa memasang Ad Sense atau sistem PPC (Pay Per Click) di blog gratisan yang kalian miliki.

Sehingga modal bahkan tak sampai 500 ribu kalian bisa mendulang uang jutaan rupiah, selebihnya ketekunan dan kesabaran.

0 tampilan
  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

#CobaKonsultasiAja