CALL US TODAY FOR A CONSULTATION

+62 821 2607 8588

Apa saja Strategi pemasaran online yang efektif untuk UMKM?

Diperbarui: Jun 8

Begitu sudah sampai tahap membuat produk jadi, langkah berikutnya yaitu mencari strategi pemasaran online yang efektif. Tapi yang harus dipahami, bahwa tak ada stategi marketing yang ajaib. Semua perlu proses, dan proses perlu waktu.

Tujuan dari marketing yaitu menghubungkan nilai-nilai bisnis ke konsumen yang tepat, suatu konsep yang sederhana tapi berliku saat coba diterapkan. Sebagai bisnis baru, strategi pemasaran online yang efektif untuk UMKM baru dan lama jelas beda.

Paling tidak ada sejumlah strategi pemasaran online yang bisa dicoba.


1. Iklan facebook

Dua juta bisnis skala kecil dan menengah sudah beriklan lewat facebook karena tidak mahal dan dinilai lebih efektif jika melihat situasi sekarang. Iklan facebook bisa menarger konsumen lebih spesifik, misalnya berdasarkan lokasi, minat, umur, jenis kelamin, perilaku, dan sejumlah faktor lain.

Lebih dari itu, membuat iklan facebook juga mudah dilakukan. Yang diperlukan hanya judul yang menarik dan disertai deskripsi, satu gambar, dan link. Sebelum beriklan, facebook juga memberi kesempatan untuk mencoba iklan sampai beberapa kali.

Hasil dari uji coba bisa dimaksudkan untuk mengetahui kekurangan iklan sehingga bisa diperbaiki lagi. Tak diperlukan keahlian teknik untuk bisa membuat iklan facebook. Tentu butuh waktu agar iklan sampai di konsumen dan bekerja, apalagi jika baru pertama mencoba.

Satu keunggulan dari beriklan di platform sosial ini, bahwa facebook termasuk satu dari tiga alat pemasaran di dunia. Dengan statusnya yang demikian, sangat mungkin UMKM yang baru terbentuk sekalipun bisa cepat dikenal audiens yang menjadi target iklan.


2. Google my business (GMB)

Barangkali, inilah strategi pemasaran online paling efektif untuk UMKM. Sesuai namanya, alat pemasaran ini buatan google sehingga sudah terjamin keandalannya. Bahkan untuk bisnis lokal yang menarget konsumen lokal, GMB merupakan strategi pemasaran online nomor satu.

Rasanya tak ada yang bisa mengalahkan keampuhan GMB jika terkait strategi pemasaran online. GMB akan mengkombinasikan semua platform berbeda dari google ke dalam satu tempat, termasuk pofil akun, ulasan yang pernah ditulis, termasuk aktivitas yang dilakukan.

Pada dasarnya GMB bisa membantu UMKM supaya lebih terlihat oleh konsumen dan kredibel. Seperti yang sudah disinggung, semisal menjalankan bisnis lokal, GMB harus menjadi prioritas jika ingin memakai strategi pemasaran online yang efektif.


3. Google adwods

Strategi pemasaran online, apapun metode yang digunakan, pasti tak akan jauh-jauh dari google adwords. Ada lebih dari 40 ribu kueri pencarian di google di tiap detik. Bahkan tak ada teknik beriklan yang mampu memberi potensi besar selain adwords.

Sangat mungkin dikatakan bahwa google adwors seolah seperti godfather dalam strategi pemasaran online. Alat pemasaran ini sudah beredar lama, sangat kompetitif, dan bisa bekerja mendekati sempurna. Pada intinya, ada banyak benefit yang bisa diberikan adwords.

Google adwords menyuguhkan kualitas tinggi dalam aspek iklan sehingga mampu memasarkan produk UMKM hingga tahap yang luar biasa. Bagaimana tidak, hampir 90% pencarian dilakukan di mesin pencari google. Tak seperti metode lain, adwords masih bisa dikombinasikan dengan teknik lain.

Satu kelemahan google adwords bisa jadi karena harga mahalnya, meski pada faktanya hasilnya sangat setimpal. Harus ada pertimbangan lebih jika ingin memakai adwords sebagai strategi pemasaran online yang efektif, terutama pemahaman pada saat mengatur seting iklan.


4. Content marketing

18% divisi pemasaran mengatakan kalau content marketing mampu memberi efek komersil yang luar biasa untuk berbagai produk. Content marketing merupakan proses membuat dan mendistribusikan konten yang bernilai dan relevan secara konsisten untuk menarik dan mempertahankan konsumen.

Tak seperti iklan berbayar, content marketing lebih berfokus pada hasil jangka panjang. Moda awal yang diperlukan cenderung rendah, dan itu tentu membantu menghemat anggaran pemasaran. Walau demikian, membuat content marketing yang ideal tak akan mudah.

Ada sejumlah elemen yang perlu diperhatikan saat menyusun content marketing. Antara lain konten harus berkualitas, topik yang diangkat relevan dengan produk, sudah teroptimasi untuk SEO dan pembaca, juga konsisten dalam menghasilkan konten baru.

Konten tak hanya terbatasi pada media tulis saja. Masih ada pilihan lain dengan memanfaatkan video, atau media lain dengan rekaman suara. Semisal ingin menerapkan strategi ini untuk promosi UMKM, pastikan punya waktu luang guna membuat konten yang benar-benar berkualitas.

Content marketing sebenarnya melibatkan pemberian informasi ke konsumen yang prospektif tentang suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Siapapun bisa mendirikan UMKM saat ini, tapi hanya individu yang mampu menyampaikan informasi secara layak yang akan berhasil.


5. Media sosial (organik)

Memakai media sosial untuk promosi produk UMKM sudah tak bisa ditawar lagi. 67% konsumen sudah memakai media sosial agar bisa terhubung dengan penyedia produk, dan 33% lebih memilih memakai media sosial alih-alih menggunakan layanan telepon.

Semisal produk tak ditemukan pengguna media sosial, konsumen lebih memilih memakai produk dari kompetitor. Pertanyaan sebenarnya, apakah UMKM yang didirikan sudah punya laman media sosial resmi? Inilah masalah yang harus dipecahkan lebih dulu.

Akan lebih bagus jika akun sosial media dikelola secara organik, dalam arti pertumbuhan pengikutnya. Satu contoh, pengguna Instagram yang mengikuti influencer fesyen akan secara aktif mencari dan membeli model pakaian terbaru.

Dengan menjadi aktif di media sosial, produk fesyen bisa secara konsisten menghasilkan penjualan langsung. Tapi untuk beberapa produk UMKM tertentu, Instagram barangkali bukan menjadi tempat paling cocok.

Jadi, kuncinya yaitu dengan mengidentifikasi di mana konsumen potensial berada, apakah di Instagram atau facebook, dan bagaimana pendekatan yang mereka inginkan. Semisal media sosial mampu menjawab kebutuhan tersebut, bisa jadi ini menjadi strategi pemasaran online yang efektif.


6. Email marketing

Email menawarkan banyak keunggulan jika dimanfaatkan sebagai strategi pemasaran online yang efektif. Metode pemasaran ini sangat efektif, mudah diotomatisasi, memungkinkan komunikasi instan, juga tak perlu banyak biaya untuk mengeksekusi.

Jika kebetulan mempunyai daftar email konsumen, pastikan untuk memberi penawaran konten yang menarik, bernilai, dan relevan. Semisal isi email marketing dibuat asal, ini sama saja dengan buang-buang waktu karena konsumen justru melihatnya sebagai gangguan.

Konsep utama dari email marketing yaitu agar konsumen potensial mau membuka website lalu membeli produk UMKM yang ditawarkan. Strategi pemasaran online lewat email justru mampu memberi hasil rasio konversi lebih tinggi dibanding metode lain.

Alasannya, email akan menyasar ke personal ke konsumen karena merupakan arus komunikasi langsung dari pihak UMKM. Tapi metode ini hanya akan berguna jika email yang dikirim akan masuk folder inbox. Jadi pastikan membuat konten berkualitas agar tak sampai masuk folder spam.

Meski tampaknya semua strategi pemasaran online di atas bisa diterapkan ke produk UMKM, tapi hanya dengan memilih satu strategi sebenarnya sudah cukup. Sehingga, pastikan memilih satu jenis strategi yang tepat lalu kuasai dan kembangkan sesuai kebutuhan produk.


0 tampilan
  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

#CobaKonsultasiAja