CALL US TODAY FOR A CONSULTATION

+62 821 2607 8588

9 Kunci Sukses Bisnis Kecil Supaya Langgeng

Diperbarui: Jun 8

Membangun bisnis kecil dari nol, mungkin banyak yang bisa melakukannya. Tapi mempertahankan eksistensinya, hanya segelintir wirausahawan bermental baja saja yang bisa melakukannya. Kerapkali, hanya karena sandungan sedikit masalah, kalian meninggalkan bisnis kecil itu.

Terdengar keren punya pengalaman lompat bisnis satu ke bisnis lain. Tapi bukankah lebih keren tetap konsisten membangun bisnis kecil kalian hingga sukses dan langgeng? Meskipun banyak kendalanya, tapi itu semua tergantung bagaimana kalian menyiasatinya.

Ada banyak siasat sebagai kunci sukses bisnis kecil supaya langgeng, terutama saat bisnis kalian sedang dalam tahap krisis dan terancam kebangkrutan. Tapi cobalah terapkan kunci sukses bisnis kecil ini, setidaknya kalian punya harapan.


1. Ingat Tujuan Awal Kalian Memulai Bisnis

Sama seperti ketika hubungan asmara kalian diterpa masalah, dan pilihannya cuma tinggalkan atau pertahankan. Coba kalian ingat-ingat kembali kenapa kalian membuka bisnis, kenapa tujuan semulia itu bisa hendak kalian tinggalkan begitu saja.

Apakah alasan ingin memulai bisnis baru bisa semudah itu kalian tinggalkan tujuan awal kalian berbisnis? Sedangkan kunci sukses bisnis kecil terletak pada konsistensi. Sedangkan sesulit apapun proses yang kalian jalani, pasti melahirkan hasil yang manis.

Coba pikirkan, bukankah sama saja jika kalian lompat-lompat jenis bisnis, setiap kegagalan hanya akan membuat kalian terus menghindari masalah yang semestinya kalian selesaikan.


2. Atur Kembali Rencana Jika Bisnis Menunjukkan Kemunduran

Ingat analisis SWOT yang pertama kali kalian gunakan untuk membedah bisnis yang ingin kalian kembangkan itu? Termasuk ke dalam kunci sukses bisnis kecil, coba buka kembali analisis itu dan renungkan. Selalu ada solusi atas masalah yang coba kalian terka itu.

Namanya juga bisnis, wajar kalau mengalami pasang surut. Kalian bahkan tak bisa menjamin bisnis selalu stabil sepanjang masa. Yang terpenting, kalian tak perlu panik sebab punya rencana bisnis jika ternyata dalam perjalanan terjadi kemerosotan.

Atau kalian coba evaluasi bisnis kalian. Apakah karena kalian tak punya SDA yang berkualitas, apakah produk kalian kurang menarik, apakah kalian sudah mendengar kritik dan saran konsumen yang mencoba membangunkan kalian dari keterpurukan itu.


3. Pastikan Bisnis Kalian Telah Memaksimalkan Usaha

Bertahan pada satu bisnis memang tak mudah, kecuali kalian punya kunci sukses bisnis kecil yang mampu mengangkat bisnis kalian dari zona tak aman hingga mencapai kelanggengan. Kunci sukses tersebut ada di tangan konsumen.

Maka wajar bagi kalian jika harus melayani konsumen seperti raja, melayani semaksimal yang kalian bisa, sampai konsumen merasa puas dan tak segan jadi pelanggan setia kalian. Siapa yang diuntungkan? Bisnis kalian.

Dan bukankah jadi keuntungan berlipat ganda ketika konsumen setia kalian mempublikasikan kepuasan berbelanja di tempat kalian pada kerabat dan teman dekatnya? Datangnya konsumen baru itulah bukti kepuasan pelanggan lama.


4. Kreatif dalam Berinovasi

Supaya bertahan lama, kunci sukses bisnis kalian tak hanya fokus pada bagaimana mengikat konsumen supaya jadi pelangan setia, juga dibarengi bagaimana kalian menangkap ide brilian untuk mengembangkan inovasi produk terus menerus.

Mendapat untung besar tak ada apa-apanya bila dibanding dengan sikap kreatif kalian dalam memacu kembali geliat produksi sehingga konsumen tak merasa jenuh dan perlahan meninggalkan produk kalian. Mulai sekarang utamakan kebaruan dan perbaiki pola pikiran.

Jangan pernah berniat meninggalkan, kalau masih ada cara untuk bertahan. Percayalah jika kalian mampu menghadapi masa sulit ini akan ada hasil yang tak mengkhianati usaha.


5. Ikuti Tren dan Perkembangan Pasar

Ada banyak kunci sukses bisnis kecil supaya menduduki puncak kelanggengan seperti mengikuti tren dan perkembangan pasar. Karena jika tidak, kelangsungan hidup bisnis kalian dengan mudah tersingkirkan oleh pesaing yang merebut semua pelanggan.

Tapi sepertinya tidak tepat dibilang merebut, pesaing hanya menyediakan apa yang tidak kalian tawarkan pada kebutuhan konsumen. Padahal mempertahankan konsumen tetap setia adalah dengan selalu memberi solusi setiap permasalahannya.

Mengikuti tren bukan berarti kalian meninggalkan sama sekali ciri khas produk kalian, bukan juga bagian inovasi. Tetapi lebih pada bagaimana kalian menyediakan apa yang tengah diminati konsumen, tanpa disebut mengakuisisi ide pesaing.


6. Buat Ciri Khas Produk Kalian Lain dari yang Lain

Apa yang kalian harapkan ketika sebuah ciri khas suatu produk bisa sangat berpengaruh pada kunci sukses bisnis kecil yang sedang kalian jalani? Jangan salah, ciri khas adalah pembeda. Ciri khas adalah cara konsumen mengingat produk yang kalian tawarkan.

Faktanya, konsumen selalu tertarik pada satu ciri khas produk tertentu, karena merasa jika jadi bagian dari produk yang punya ciri khas, rasanya nyaman seperti mendapatkan ruang khusus yang memang ditujukan hanya satu segmentasi pasat tertentu saja.

Caranya pun tak sesulit mengingat tujuan awal kenapa kalian ingin menyudahi bisnis kalian, seperti memberi nama unik sebuah produk, bentuk produk yang tak biasa, sampai mengombinasikan warna agar tempat bisnis kalian lebih instagramable dan viral di media sosial.


7. Miliki Karyawan Berkualitas

Tak kalah penting dari kunci sukses bisnis kecil kalian selanjutnya. Punya karyawan berkualitas tentu sangat mempengaruhi jalannya bisnis kalian baik saat ini atau seterusnya. Kalau memang karyawan yang kalian pekerjaan tak penuhi kualitas perusahaan, jangan segan untuk membicarakannya.

Ketidaktahuan bisa diatasi dengan pengetahuan. Tapi ketidak-ingin-tahuan sulit diubah, sama saja seperti menuang teh hangat ke dalam cangkir penuh. Bukannya terisi tapi malah tumpah dan tak bisa memberi manfaat apa-apa.

Ketidaktahuan karyawan bisa diatasi dengan memberi pelatihan kerja supaya sesuai standar bisnis kalian. Tapi bagaimana jika karyawan sulit diatur? Kalian adalah puncak wewenang dari bisnis kalian sendiri, bersikapklah tegas bagi karyawan yang dianggap menyulitkan kinerja tim.


8. Perluas Jaringan Relasi

Tidak salah rasanya jika semakin relasi kalian bagus, ketika bisnis kalian diterpa banyak masalah, banyak uluran tangan yang coba menolong kalian. Relasi bisa menjelma jadi banyak hal, bisa berupa uang, bisa juga mewujud teman.

Menjalin relasi dengan sesama komunitas bisnis adalah jalan agar kalian punya mental berbisnis yang bagus. Bukankah orang sukses selalu berpikir seperti orang sukses? Maka bertemanlah dengan orang sukses.


9. Gencarkan Promosi

Gerakan promosi tak hanya berlaku buat mengenalkan produk kalian ke pasar untuk kali pertama diluncurkan, lakukan itu terus menerus saat bisnis berjalan. Apa tujuannya? Konsumen mudah lupa kalau tak diingatkan setiap hari sebab ribuan produk sejenis berkeliaran di luar sana.

Bagimana kalian bersaing kalau malas berjuang sekadar promosi produk yang tak sampai bermenit-menit di media sosial? Tapi ingat, promosi dengan gambar yang sama berulang-ulang juga pasti bikin konsumen bosan.

Meski produk sama, coba buat foto yang menarik. Lebih menarik lagi jika dibumbui diskon dan giveaway. Dijamin bisnis kecil kalian langgeng dan sulit ditakhlukkan.

0 tampilan
  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

#CobaKonsultasiAja