© 2019 trusvation .  All rights reserved.

konsultan pajak dan accounting software di Indonesia.

  • Instagram
  • Facebook
  • YouTube
Cari
  • trusvation

8 Kiat Mempersiapkan Tabungan Nikah dan Kapan Mulainya

Apakah Kalian akan menikah? Jika iya, selamat!

Apakah kalian sedang menyusun rencana pernikahan dan mencari cara untuk menghemat uang? Jika benar, maka kalian datang di tempat yang tepat.

Pertimbangkan kiat ini dan kapan harus digunakan agar kalian terhindar dari penderitaan. Merencanakan hari spesial bisa menjadi pengalaman mengesankan yang bahkan membuat ketagihan. Jadi kalau suatu saat kalian ingin ‘mengulangi lagi’, maka ikuti saran berikut.


#1. Gunakan Waktu Untuk Memilih Tema yang Tepat.

Pernikahan sebenarnya adalah tentang waktu, bukan tentang uang. Ada banyak ide pernikahan yang bisa kalian pilih yang sekiranya bisa membuat tamu nyaman, dan itu semua butuh waktu. Bukan hanya beberapa jam, bahkan tak ada yang lebih membosankan selain memikirkan tema pernikahan.

Cara terbaik menentukan tema pernikahan yang tak butuh banyak biaya yaitu dengan membuka tiap kemungkinan. Kalian mungkin sudah terjerumus ke satu ide sehingga menjadi tak fleksibel yang justru mengeluarkan banyak biaya.

Ada banyak tempat yang menawarkan cokelat dan hidangan yang bisa disesuaikan dengan permintaan dan harga yang akan membuat kalian tersenyum. Jika kalian tak bisa terbuka, jangan harap kalian bisa hemat anggaran.


#2. Tamu Hanya Mengingat Dua Hal: Makanan dan Suasana.

Beberapa tahun lagi, hanya kalian yang bisa mengingat bentuk undangan, bunga, kue dan tema pernikahan. Lalu kenapa harus menghabiskan uang untuk hal tersebut? Coba berbincang dengan teman yang pernah hadir di pernikahan, dan tak ada satupun yang akan mengingat pernikahan.

Tamu hanya ingat makanan dan suasana ketika menghadiri undangan. Mereka tak akan mengingat jelas apa yang sebenarnya telah mereka makan, mereka hanya ingat enak atau tidak. Mereka juga tak mengingat hal spesifik tentang hari pernikahan itu.

Mereka hanya mengingat sedang bergembira dan melihat kalian bahagia. Jika kalian bisa menjadikan dua hal ini sebagai prioritas, kalian bisa menghemat uang dan waktu.

#3. Undangan Mahal Hanya Berakhir di Tempat Sampah

Jangan habiskan waktu untuk mencari dan membuat undangan berharga mahal. Memang akan menyenangkan jika punya undangan warna merah muda dengan berbagai hiasan. Tapi paket undangan seperti itu menghabiskan banyak uang.

Memang tak semua kartu undangan mewah, tapi pada intinya tetap berakhir di tempat sampah. Apalagi saat ini undangan tak hanya berisi sekedar undangan, tapi dimaksudkan untuk memperlihatkan kelas dan gaya. Undangan seperti ini memang menyenangkan, tapi menghabiskan tabungan.

Tapi itu tak beda seperti membuang uang di tempat sampah. Untungnya ada cara menghemat pengeluaran. Buat desain sendiri, dan cari tempat pembuatan yang menawarkan potongan harga. Bahkan jika mau menghemat dengan cara lebih ekstrim, kalian bisa memakai undangan elektronik.


#4. Hindari Majalah Perkawinan dan Acara TV.

Cobalah membeli kebutuhan lebih dulu seperti baju, sepatu, dan aksesoris lalu buka majalah. Kalian pasti terkejut karena seakan-akan semua yang ada dalam majalah menggambarkan keinginan kalian. Dari situ kalian berpikir akan mendapat inspirasi lebih banyak dari majalah pengantin lain.

Tapi kalian bisa bersyukur karena sudah membeli perlengkapan pernikahan sebelum membaca majalah pengantin. Majalah seperti ini memang bisa membuat terperanga, dan seringnya harga yang ditawarkan tak masuk akal.

Kalian pasti tertarik membeli saat melihatnya, tapi ingat, jangan sampai masuk lubang jebakan. Majalah dan acara TV akan menunjukkan acara pernikahan yang selalu diimpikan, padahal itu bukan sesuatu yang kalian harapkan.


#5. Ada Banyak Cara Mendapatkan Baju Tanpa Menghabiskan Uang.

Tahukah kalian kalau rata-rata harga baju pengantin bisa mencapai jutaan. Uang sebanyak ini hanya untuk membeli baju sekali pakai, dan kalian pernah dengar nasehat ini. Tak masalah apa tema pernikahan nanti, tapi rasanya kurang masuk akal jika membeli dengan harga tinggi.

Sebagai gantinya, kalian bisa sewa baju dengan harga jauh lebih murah, tak lebih dari Rp. 750 ribu mungkin. Memang benar, sewa baju kadang bisa memberi masalah lain, misalnya ukuran baju tak bisa diubah. Jika seperti ini, pilih persewaan baju beserta tukang riasnya. Ini lebih murah dan harga paket yang ditawarkan biasanya Rp. 2 juta.


#6. Tampil Cantik Bermanfaat Untuk Mengurangi Pengeluaran.

Hiasan dan bunga pling tidak butuh Rp. 5 juta, tapi buat apa menghabiskan uang hanya untuk membeli hiasan dan bunga yang layu dalam sehari. Untuk berhemat tapi tetap mendapat bunga cantik, cari bunga yang baru berkembang atau beli bunga yang sedang tidak musim berkembangnya.

Jika kalian ke penjual bunga, jangan katakan untuk pernikahan hingga kesepakatan harga tercapai. Kurang lebih seperti bunga di hari valentin, harganya naik dan tak masuk akal. Jika kalian berniat menyusun karangan bunga sendiri, pertimbangkan jasa online.

Atau kalian bisa menempatkan aksen bunga berkebalikan dari dekorasi utama. Misalnya, cari tiga penjual bunga yang terkenal menawarkan bunga cantik dan berharga murah, dua dari toko bunga dan satu dari kebunan langsung.

Memillih tiga penjual hanya untuk berjaga-jaga jika salah satu dari mereka tak bisa. Sehari sebelum acara, pilih bunga yang kalian suka dan itu tak lebih dari Rp. 1 juta termasuk pemasangan. Kalian tak hanya bisa menyimpan uang, tapi juga menyimpan waktu karena membatasi pilihan.


#7. Buat Dekorasi Sederhana, Tapi Berkelas.

Acara pengantin seringnya memakai karangan bunga tepat di tengah meja meski menambah pengeluaran. Sebenarnya kalian bisa memotong anggaran jika mau kreatif saat menyusun dekorasi. Berbagai bentuk seni dan kerajinan bisa membantu inspirasi kalian.

Lampu gantung berwarna putih untuk acara hiburan yang tak terpakai, bisa digunakan sebagai dekorasi langit-langit. Perabot lilin yang biasa menemani minum teh bisa digunakan sebagai dekorasi tambahan untuk memunculkan nuansa romantis. Ini tak hanya hemat uang, tapi juga membuat tamu terkagum.


#8. Pilih catering yang sesuai.

Karena hanya makanan dan minuman yang akan diingat tamu, jadikan ini sebagai prioritas sehingga layak diingat. Ini bukan tentang seberapa anggaran yang dipunyai, tapi lebih ke jenis makanan yang dihidangkan. Misalnya, makanan seperti burger atau hot dogs jauh lebih mudah diingat.

Semua harus seimbang, jika tujuan kalian menyediakan aneka makanan, catering adalah pilihan tepat. Tapi seringnya kualitasnya tak imbang, terutama jika memakai dekorasi mahal. Jadi, imbangi dekorasi dengan makanan yang senada.

Ini pasti berhasil, dan tamu pasti berharap datang lagi jika kalian membuat acara yang lain. Dan sejauh ini, tak ada tamu yang datang hanya karena dekorasi bagus. Dengan kata lain, prioritaskan uang kalian untuk membayar menu yang sekiranya kalian dan tamu undangan suka.

Dari berbagai kiat, satu poin penting yang harus kalian lakukan sebelum menikah, yaitu cari referensi tentang makanan dan suasana. Terdengar sepele memang, tapi referensi bisa memberi informasi sesuai kondisi keuangan. Ingat, tak ada yang akan diingat selain makanan dan suasana.

Selain itu, coba bersikap terbuka pada segala kemungkinan yang tersedia. Sebabnya, tiap rencana yang dibuat belum tentu bisa berjalan sesuai harapan, sehinga sikap keterbukaan sangat diperlukan.


https://youngandthrifty.ca/wp-content/uploads/2019/07/best-joint-accounts-for-married-couples.jpg


5 tampilan