© 2019 trusvation .  All rights reserved.

konsultan pajak dan accounting software di Indonesia.

  • Instagram
  • Facebook
  • YouTube
Cari
  • trusvation

8 Keuntungan Bisnis Online Tanpa Modal


https://static.aturduit.com/articles/wp-content/uploads/2017/10/Ide-Usaha-Sampingan.jpg

Kemudahan teknologi yang berkembang pesat di negeri ini, memungkinkan kalian yang berjiwa enterpreneur memiliki bisnis sendiri. Bisnis kecil-kecilan seperti bisnis online pun bisa menjadi pilihan, dan tak harus berbentuk offline yang kelihatan bentuk fisiknya.

Tapi tahukah kalian kalau bisnis online yang hendak kalian lakukan bisa dimulai tanpa mengeluarkan modal sama sekali? Keberadaan media sosial yang kalian ikuti bisa menjadi akses mudah bagi bisnis kalian untuk menyapa calon pelanggan.

Nah, bagi kalian yang ingin memulai bisnis online tapi masih bimbang karena tak banyak modal, coba simak keuntungan bisnis online tanpa modal berikut, supaya bisa meyakinkan diri bahwa bisnis online itu mudah dan tidak merepotkan.


1. Menyimpan Pengeluaran Biaya

Memakai sistem pre-order atau dropshipper pada produk yang kalian jual, merupakan langkah awal yang bisa menghemat banyak uang karena tak perlu keluar modal. Di samping itu, kalian juga tak perlu menyewa tempat dan membeli perlengkapan mahal yang megeluarkan biaya di awal usaha.

Bukannya keluar biaya, bisnis online dengan cara ini kalian malah akan memberi keuntungan walau sedikit. Dari hasil sedikit demi sedikit itulah, keuntungan yang kalian dapatkan dari bisnis online itu dapat diakumulasikan agar nantinya dipakai untuk membangun toko fisik.


2. Peluang Usaha bagi Niche Produk

Aktivitas bisnis online akan mengasah kemampuan kalian sehingga bisa membaca dan memanfaatkan niche produk di pasaran. Pasalnya, jaringan bisnis online kebanyakan menjual produk pasaran, sudah saatnya bagi kalian memanfaatkan niche produk untuk mengisi market yang kosong.

Keuntungan bisnis online tanpa modal satu ini dikenal dengan istilah niche marketing. Kalian hanya perlu menjual barang atau produk di suatu kebutuhan tertentu saja dan oleh konsumen tertentu pula. Tapi bisnis ini memerlukan waktu untuk menemukan konsumen yang satu frekuensi.

Yang perlu kalian tekankan dalam memulai bisnis seperti ini, cobalah untuk memulai dari apa yang kalian sukai. Misalnya kalian punya hobi memancing, tentu saja produk yang paling dekat dengan hobi kalian adalah alat pancing serta ragam aksesori lainnya.

Hindari memulai niche markerting dengan produk atau jasa yang bahkan kalian tak punya pengetahuan terhadapnya, apalagi hanya sekedar ikut-ikutan diajak teman. Bukannya menguntungkan, kalian bisa-bisa kewalahan.


3. Menjadi Lebih Dekat dengan Konsumen dengan Teknologi

Eksistensi media sosial yang populer di tanah air seperti Instagram, Facebook, Twitter, Line, WhatsApp, dan lain sebagainya, yang diakses berjuta orang tiap hari sangat berjasa untuk mempertemukan kalian dengan calon konsumen.

Sembari stalking akun idola, kalian juga bisa memasarkan produk sehingga muncul di linimasa teman-teman kalian. Dari pertemanan itu, saat produk kalian tersambut hangat, teman kalian biasanya akan merekomendasikan pada teman yang lain untuk melarisi produk kalian.

Dengan media sosial pula, konsumen yang tertarik dengan produk kalian akan dengan mudah berinteraksi dan memesan produk tersebut secepat koneksi internetnya.

Semudah itukah? Tunggu dulu. Saat kalian memutuskan untuk memberdayakan keuntungan media sosial dalam memasarkan produk, jangan dulu tergoda untuk memasarkan produk kalian di semua akun media sosial di awal usaha. Itu justru tidak efektif dan kalian akan kewalahan.

Sedikit tips bijak dalam memasarkan produk di media sosial, usahakan kuasai dulu satu media sosial yang sekiranya kalian nilai ideal untuk mengenalkan produk kalian ke pasaran. Baru secara perlahan, kalian bisa satu per satu membuat akun baru untuk produk kalian.


4. Sederhana dan Tanpa Mengganggu Kenyamanan

Keuntungan lain bisnis online tanpa modal yang perlu kalian ketahui adalah menjunjung tinggi sikap kesederhanaan. Bayangkan, kalian bahkan baru saja bangun tidur dan belum gosok gigi saat sebuah pesan singkat masuk dan berniat ingin meminang produk online kalian.

Kalian juga tak perlu terburu-buru mandi dan memakai setelan kemeja rapi tiap hari untuk bertemu konsumen dan orang baru. Saat bisnis online sudah berjalan, kalian bisa saja membiarkan bisnis tetap berjalan tanpa harus beranjak dari rebahan dan me-time yang nyaman.

Singkatnya, dalam berbisnis online kalian tak harus menghadapi berbagai kerumitan seperti ketika kalian berjualan offline.


5. Jangkauan Lebih Luas

Jika kalian hanya punya satu bisnis offline, bisnis kalian biasanya hanya akan berjalan di tempat dan lambat. Bisnis offline hanya akan menjangkau suatu masyarakat dan wilayah tertentu.

Beda dengan bisnis online, keuntungannya bisa menjangkau konsumen secara luas, baik lokal, nasional, bahkan kalau perlu kalian bisa masuk pasar internasional. Jangkauan waktunya juga tak terbatas, karena konsumen tidak kenal waktu untuk menemukan produk yang dicari.


6. Menekan Biaya Marketing

Jika selama ini bisnis offline terlalu makan banyak biaya dalam memasarkan produknya, semisal sewa baliho dan membayar media cetak untuk sekedar promosi iklan produk kalian, maka dengan memulai bisnis online kalian tak perlu mengeluarkan biaya semacam itu lagi.

Dengan memanfaatkan teknologi, kalian bahkan bisa mempromosikan produk dengan gratis di media sosial yang kalian miliki dan mengoptimasi mesin pencari bagus, produk kalian dapat dengan mudah dipertemukan dengan calon konsumen yang berniat meminangnya. Simpel, bukan?


7. Lebih Ramah Lingkungan

Dalam rangka menyelamatkan bumi dari sifat tamak manusia, bisnis online kalian menjawab itu semua. Bisnis satu ini tak perlu banyak bahan bakar untuk mobilitas dan meminimalkan penggunaan setumpuk dokumen. Sebab kini dokumen sudah bisa diakses dalam bentuk digital.

Semisal pengiriman barang menggunakan kertas dan plastik, kalian wajib tahu, saat ini sudah ada bahan ramah lingkungan lain yang memiliki fungsi sama dengan plastik. Meski harganya masih terbilang mahal untuk menggeser fungsi plastik yang awet.


8. Transaksi Cepat dan Pelacakan Pengiriman Mudah

Menyenangkannya hidup di era digital, kini segala sesuatunya bisa kalian lakukan secara remotely. Termasuk berbisnis online, tansaksi pentransferan uang bisa dengan mudah memakai aplikasi mobile tanpa harus repot antri di depan atm.

Tak hanya itu saja, saat terjadi transaksi internasional, kalian juga bisa memanfaatkan layanan PayPal yang bisa mentransfer siapa saja dan berbagai mata uang ke seluruh dunia. Tenang, layanan ini dapat mengkonversi mata uang yang berbeda sesuai pilihan mata uang kalian.

Begitupun saat produk kalian tengah dalam proses pengiriman. Pikiran was-was produk tidak sampai pun bermunculan di benak kalian. Untuk memastikan dan melacak keberadaannya, kalian kini dapat dengan mudah mengakses layanan pelacakan pengiriman dari tiap jasa pengiriman ekspedisi.

Setelah mengetahui beragam keuntungan bisnis online tanpa modal di atas, kalian tak perlu bimbang saat ingin membuka bisnis online. Uraian di atas hanya beberapa dari banyak kemungkinan keuntungan yang bisa kalian dapat dari berbisnis online.

Ingat satu hal, tak ada yang pernah melewati sungai yang sama dua kali, begitu kata Heraclitus. Jadi, selagi ada waktu, selagi masih muda, ini waktunya kalian memulai terjuna bisnis online.

2 tampilan