© 2019 trusvation .  All rights reserved.

konsultan pajak dan accounting software di Indonesia.

  • Instagram
  • Facebook
  • YouTube
Cari
  • trusvation

6 Strategi Pemasaran Online untuk Promo Produk


Kesuksesan produk yang kalian buat pasti berakhir di tangan konsumen. Tapi soal produk dapat berhasil jatuh ke pelukan konsumen, strategi pemasaran amat menentukan proses akhir ini. Pemasaran dikatakan berhasil kalau kalian mampu menyentuh perhatian konsumen.

Hidup di era berlimpah segala kemudahan ini tentu tak mungkin kalian memasarkan produk cuma men-display produk di suatu stand menunggu konsumen sembari mengantuk. Tak mungkin juga kalian repot membagi-bagi brosur yang buang-buang tenaga.

Saat ini, untuk promo produk kalian punya banyak pilihan, terutama strategi pemasaran online. Tak perlu buang tenaga, waktu, dan menambah akumulasi sampah. Yang kalian perlukan cuma kuota internet yang cukup dan koneksi kencang.


1. Membuat Blog atau Website untuk Produk

Meski ada platform pembuat website gratis seperti Blogspot dan WordPress, tak ada salahnya kalian mengeluarkan sedikit biaya mempromosikan produk kalian dengan membuat blog atau website. Dan kalian tentunya perlu jasa pembuat website untuk melakukan itu.

Besaran biaya untuk jasa pembuatan website bisa kalian negosiasikan asal sesuai permintaan. Tak mungkin desain web yang rumit kalian hargai murah. Sebagai permulaan, ada baiknya kalau kalian buat web yang simpel tapi fokus pada produknya.

Dalam pengembangannya, kalian bisa meng-upgrade web jadi lebih bagus lagi. Beda halnya jika kalian memilih platform gratisan, tentu ada keterbatasan fitur yang cuma bisa kalian temukan di website berbayar.


2. Membuat Konten Semenarik Mungkin

Ketika blog atau website selesai dibuat, kalian wajib mengisinya dengan konten yang betul-betul menarik pembaca atau konsumen. Kalau bisa, jangan cuma terpaku pada detil dan spesifikasi produk berikut harganya saja.

Perlu kalian ketahui, konsumen masa kini haus informasi. Seperti apa informasi yang ingin konsumen cari? Informasi yang menyenangkan tetapi dikemas rapi dalam tulisan hangat, cerdas, dan lugas. Informasi bertele-tele dianggap buang waktu dan dengan mudah meninggalkan web kalian.

Saat menulis konten menarik, perhitungkan juga memakai optimasi mesin pencari. Tak perlu sering menyebut kata kunci, atau tulisan kalian dalam strategi pemasaran online dianggap tak otentik oleh Google. Ingat, pembaca kalian punya naluri untuk mengenali originalitas.

Dalam menulis konten, jangan melulu membahas produk yang kalian tawarkan. Bisa juga kalian menulis tips-tips relevan dengan produk kalian. Semisal jualan produk buku, kalian bisa bagi tips profil penulis, atau cara merawat buku, atau yang lain.

Selesai pada konten tulisan, strategi pemasaran online yang paling menguras rasa ingin tahu konsumen adalah foto. Bayangkan, apa tidak bosan berimajinasi tentang produk yang kalian narasikan dalam bentuk tulisan yang panjang?

Dalam mengunggah foto pun kalian harus selektif. Upayakan foto produk semenarik mungkin dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Lebih penting lagi, kalian harus memakai foto produk asli. Dengan begitu, konsumen tak perlu komplain karena merasa tertipu.


3. Membuat Akun di Marketplace atau E-commerce

Geliat pasar virtual semakin meningkat, sehingga kalian perlu mengimbangi dengan ragam pengetahuan strategi pemasaran online yang tepat. Belakangan, situs marketplace semakin banyak jumlah dan macamnya.

Tak sedikit pula konsumen yang berlalu lalang mengunjunginya tiap saat walau sekadar window shopping. Ini merupakan kesempatan besar bagi kalian mengenalkan produk di situs marketplace, terutama yang telah punya rating tinggi.

Usahakan juga akun yang kalian buat di situs marketplace dapat status kredibel atau punya rating tinggi. Hal ini untuk mencegah konsumen lari karena mengira akun kalian abal-abal ketika mendapati rating rendah dan review yang buruk dari konsumen.


4. Maksimalkan Manfaat Media Sosial

Dari beragam media online yang bertaburan di era internet ini, media sosial didapuk jadi paling pertama diakses ketika kalian bangun tidur, istirahat di jam kantor, jam pulang kerja, dan rebahan menjelang tidur.

Tak jarang pula kalian membuka media sosial untuk membunuh waktu menunggu teman yang tak kunjung datang meski cuma scroll tak jelas. Malah saat hangout bersama teman di kafe, bisa-bisanya kalian masih buka media sosial buat update story ketimbang mengobrol.

Melihat celah kebiasaan seperti ini, kalian bisa memasukkan strategi pemasaran online untuk promo produk kalian. Tentunya juga kalian harus perhatikan timing yang tepat supaya postingan kalian tampil di timeline dan terlihat menaburkan solusi sebelum tertumpuk oleh postingan lain.

Sebagai permulaan promosi, kalian tak perlu tergesa membuat beberapa akun media sosial. Mulai satu persatu sampai menguasai baru kalian buat lagi di media sosial yang lain. Sebab tiap media sosial punya sifat dan karakteristik sendiri, terlebih untuk mengelola bisnis kalian.

Di Indonesia, Facebook masih menempati media sosial populer yang dipakai sebagian besar konsumen. Tak jarang, strategi pemasaran online di platform itu terbukti laris manis. Tapi kadang juga karena saking banyak penggunanya, promosi kalian tenggelam oleh postingan terbaru.

Lain Facebook, lain lagi Instagram. Kalian mengenalnya sebagai aplikasi berbagi foto, karenanya kalian wajib promosi dengan mengandalkan gambar yang instagramable. Gambar ini nantinya bisa kalian perkuat dengan caption yang menggigit.

Tapi kekuatan promosi kalian di Instagram tak cukup dengan foto dan caption, kalian perlu membubuhi hashtag atau tagar sesuai dengan produk yang kalian tawarkan. Umpama kalian promosi lipstik, hashtag yang relevan adalah #lipstikmurah, #lipstikkeren, #lipstikmatte, dan lainnya.

Begitu juga dengan media sosial lain seperti Twitter, Youtube, dan Line, masing-masing punya ciri khas serta keunggulan dan kelemahan dalam memasarkan produk online kalian. Yang terpenting sesuaikan pemasaran dengan media itu.


5. Mengadakan Giveaway

Siapa yang tak suka dapat hadiah? Apalagi hadiah produk idaman, dari yang tadinya cuma masuk wishlist jadi betulan sampai di tangan. Dari beberapa strategi pemasaran online, kalau kalian menerapkan giveaway pasti dapat sambutan hangat, terlebih produk gratisan.

Untuk mengadakan giveaway ini, kalian harus menimbang beberapa goal untuk mengerek potensi penjualan produk kalian. Sebagaimana prinsip ekonomi, usaha kalian harus dapat untung sebesar-besarnya dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya.

Paling tidak, ketika membuat giveaway, kalian dapat mengikat konsumen di lingkaran pasar yang kalian ciptakan dengan menjalin hubungan baik. Selain itu, naiknya trafik bisa meningkatkan penghasilan tambahan kalian, dan meraih kepercayaan konsumen lewat testimoni yang diberikan.

Umpama memancing, giveaway tak ubahnya umpan. Seekor cacing kecil untuk mengail ikan besar berharga mahal. Atas reaksi baik dari konsumen, sebagai gantinya, kalian wajib menghadiahi produk semata wayang yang kalian janjikan baik lewat undian atau kontestasi tertentu.


6. Bergabung dengan Jaringan Periklanan

Dari berbagai strategi pemasaran online, bergabung dengan jaringan periklanan online lebih efektif daripada memasarkan produk secara random. Maksudnya, kalian menawarkan produk pada konsumen yang sedang tak menginginkan produk.

Seperti ketika kalian tiduran di rumah, tahu-tahu ada sales datang menawarkan gelas cantik. Kemungkinan dibelinya sangat kecil. Beda halnya kalau kalian bergabung dengan jaringan periklanan semisal di Google Adwords, Youtube Ads, Instagram Ads, dan lainnya.

Pemasaran produk di Google Adwords lebih efektif untuk menjaring konsumen, karena begitu kalian ketik kata kunci, pasti muncul rekomendasi hasil pencarian sekaligus iklan yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.

Sampai sejauh ini, strategi pemasaran apa yang sudah kalian praktikkan?



11 tampilan