CALL US TODAY FOR A CONSULTATION

+62 821 2607 8588

15. Kiat Sukses Atur Waktu Bekerja dan Berkeluarga

Diperbarui: Jun 8

Kalian mungkin mencoba menjadi hiperproduktif tiap waktu. Kalian pasti sudah sering melakukan ini, seperti cepat-cepat mengerjakan suatu tugas agar bisa mengerjakan yang lain, selalu memeriksa email, mengatur sesuatu, menelepon, mengerjakan pesanan, dan lain sebagainya.

Kalian yang melakukan itu semua biasanya punya pkalianngan bahwa sibuk kerja keras akan memberi sukses. Untuk keadaan tertentu, situasi tersebut bisa dibenarkan, tapi itu membuat produktivitas ide jadi berkurang.

Karena melakukan pekerjaan secara terus menerus tanpa memikirkan hal lain, ada tendensi kalau kalian hanya menghabiskan waktu mengerjakan tugas rendahan. Daripada melakukan pekerjaan seperti ini tiap hari, coba kiat sukses atur waktu supaya bisa melakukan lain lebih baik.


1. Selesaikan Tugas Paling Penting

Ini termasuk peraturan paling penting dalam manajemen waktu. Setiap hari, selalu identifikasi dua atau tiga pekerjaan paling penting untuk diselesaikan, dan selesaikanlah tugas tersebut pertama kali.

Ketika kalian bisa menyelesaikan, berarti kalian mempunyai hari yang sukses. Kalian baru bisa berpindah ke tugas lain, atau membiarkan untuk dikerjakan esok hari. Setidaknya kalian telah menyelesaikan tugas paling penting.


2. Belajarlah Mengatakan Tidak

Mempunyai banyak komitmen bisa membuat kalikan belajar bagaimana menangani berbagai perjanjian dan mengelola waktu. Dan itu merupakan sesuatu yang bagus.

Tapi kadang kalian bisa terbawa kondisi ini sampai jauh. Di titik tertentu, kalian harus belajar bagaimana caranya menolak kesempatan. Tentu harus disertai pemikiran yang obyektif ketika menolak suatu komitmen dengan mempertimbangkan waktu yang kalian punya.


3. Tidurlah Paling Tidak 7-8 Jam

Sebagian dari kalian berpendapat bahwa dengan mengorbankan waktu tidur bisa membuat produktivitas meningkat dan merelakan beberapa jam tiap hari. Tapi ini bukanlah lembur wajib.

Kalian butuh waktu tidur 7-8 untuk menyegarkan tubuh dan pikiran agar berfungsi secara optimal. Kalian akan mengetahui dengan sendirinya ketika sudah merasakan. Dengarkan tubuh kalian, jangan meremehkan manfaat dari tidur.


4. Fokus Pada Tugas yang Sedang Dikerjakan

Tutup semua laman lain di peramban kalian. Letakkan ponsel kalian jauh dari pandangan mata dan atur dalam mode bisu. Carilah tempat hening untuk bekerja, atau dengarkan musik yang bisa membantu kalian. Musik klasik bisa menjadi pilihan tepat ketika menulis.

Konsentrasilah pada satu tugas yang dikerjakan. Jangan ada suatu apapun yang muncul. Benamkan diri kalian pada musik dan pekerjaan.


5. Mulai Lebih Cepat

Hampir kebanyakan dari kalian selalu menunda pekerjaan tanpa disadari. Memulai pekerjaan lebih cepat sebenarnya mudah, dan kalian bisa mengatur semua agar selesai lebih cepat, jadi kenapa tidak dilakukan?

Sadarlah dari sikap yang selalu menunda pekerjaan, akan menjadi lebih menyenangkan dan mengurangi risiko stress jika lebih cepat saat memulai sesuatu. Ini tak akan sulit dilakukan, tentunya jika kalian punya kesungguhan dalam melakukannya.


6. Hati-Hati Pada Aktivitas Lain

Waktu yang dihabiskan untuk membuka di Twitter atau Instagram, main game, menonton TV dan film, bisa menurukan tingkat produktivitas secara drastis.

Kalian lebih disaarankan untuk mempertimbangkan waktu yang sudah anda habiskan untuk melakukan aktivitas tersebut dengan cara lain. Secara sederhana, aktivitas tersebut bisa membuat sesak waktu kalian dan membuat mulai malas dalam melakukan pekerjaan.


7. Buat Batasan Waktu Pada Tiap Pekerjaan

Daripada hanya duduk saat mengerjakan suatu proyek dan berpikir “saya akan tetap di sini sampai ini selesai”, lebih baik kalian berpikir seperti ini “saya harus menyelesaikan pekerjaan ini dalam tiga jam”.

Waktu yang hanya sedikit akan mendesak kalian untuk lebih fokus dan lebih efisien, meskipun nantinya kalian harus kembali mengulanginya dan menambah.


8. Beri Jeda di Tiap Pekerjaan

Ketika kalian terburu-buru dari satu tugas ke tugas lain, akan lebih sulit untuk sedikit mengapresiasi apa yang sudah kalian lakukan, dan sulit untuk tetap fokus dan termotivasi.

Biarkanlah diri kalian mengambil waktu sebentar diantara pekerjaan supaya bisa mengambil udara segar untuk sekedar bernafas. Saat sedang istirahat, pergilah jalan-jalan kecil di sekitar, meditasi, atau olahraga otak agar segar kembali.


9. Jangan Memikirkan Semua Tugas yang Harus Diselesaikan

Salah satu cara yang paling cepat mengakali banyaknya tugas yang harus diselesaikan yaitu jangan memikirkan semuanya. Sadarlah bahwa tak ada cukup ruang dalam otak untuk menyelesaikan semua tugas sekaligus.

Di tahap ini, hal penting yang harus kalian lakukan yaitu fokus menyelesaikan satu pekerjaan paling penting. Kerjakan satu, selesaikan, lalu lanjutkan dengan tugas berbeda. Selesaikan satu proyek dalam satu waktu, dan bernafaslah.


10. Olahraga dan Makanan Sehat

Banyak studi menyatakan hubungan antara makanan sehat dengan tingkat produktivitas kerja. Sama halnya dengan mendapatkan cukup tidur, olahraga dan mengkonsumsi makanan sehat bisa meningkatkan energi tubuh, menjernihkan pikiran, dan membuat kalian mudah fokus.


11. Kurangi Kerja

Ini termasuk taktik yang banyak direkomendasikan. Pada dasarnya, mengurangi kerja merupakan cara lain untuk mengatakan agar menyeelesaikan tugas yang dianggap paling penting.

Tak perlu buru-buru, buat catatan mana yang harus dikerjakan dulu, dan berkonsentrasilah pada tugas tersebut. Lalukan pekerjaan tapi bernilai besar, daripada menyelesaikan banyak pekerjaan tapi bernilai kecil.


12. Buat Sistem Pengelolaan

Mengatur waktu bisa menyelamatkan waktu lebih banyak, dan kalian tak harus menjadi individu yang pandai mengatur sesuatu. Ada sistem mudah yang bisa diterapkan saat ini.

Buatlah folder untuk tiap dokumen, misalnya. Pastikan semua dokumen tersebut ditempatkan sesuai foldernya. Atau batalkan email berlangganan jika kalian tak ingin men


13. Lakukan Sesuatu Ketika Sedang Menunggu

Kalian akan lebih sering mempunyai waktu tidak berharga jika tak mau mencoba melakukan sesuatu. Menunggu di ruang tamu, mengantri di kasir, saat dalam kendaraan, atau ketika menunggu giliran membayar.

Cari sesuatu yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu. Kalian bisa memilih membaca buku, dan kalian harus selalu membawa buku ke manapun tiap pergi dan membacanya ketika menunggu.


14. Sungguh-Sungguh Dalam Melakukan Rencana

Sepertinya poin ini sudah disebut tadi, tapi masih tetap layak untuk diulangi. Jangan merusak rencana yang sudah kalian buat dengan melakukan hal lain.

Cari solusi, tetaplah berkomitmen. Jadilah individu professional dan selalu mengikuti rencana. Sikap tegas bisa menyelesaikan apa yang akan kalian putuskan untuk diselesaikan lebih dulu.


15. Kumpulkan Tugas yang Punya Kesamaan

Katakan kalian butuh waktu dua-tiga minggu lebih untuk menyelesaikan tugas programmer, menulis tiga makalah, dan membuat dua video. Daripada mengerjakan tugas ini sesuai dengan kemauan, buat semacam pengelompokan tugas dan kerjakan secara berurutan.

Tugas berbeda butuh pemikiran berbeda pula, jadi akan lebih masuk akal jika pikiran kalian berjalan sesuai alurnya daripada merubah terus sehingga butuh orientasi pemikiran baru lagi.

Kalian mungkin sering terjebak di kesibukan dan tanpa sadar melupakan kenikmatan mengerjakan tugas. Meski kalian bisa melakukan sesuatu dengan cara yang lebih pintar, kalian sering terlalu fokus agar tugas cepat selesai. Ini harus menjadi perhatian, lalu tanyakan pada diri kalian tentang cara terefektif untuk melakukan sesuatu.




0 tampilan
  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

#CobaKonsultasiAja