CALL US TODAY FOR A CONSULTATION

+62 821 2607 8588

11 Pilihan Usaha Rumahan yang Lagi Tren

Diperbarui: Jun 8

Apakah rutinitas kerja yang formal selintas mendorong kalian ingin pensiun dini? Tapi apa yang ingin kalian lakukan setelah pensiun dini? Nyatanya banyak orang yang pensiun dini dari pekerjaannya sebagai pegawai atau karyawan hanya karena ingin mengejar passion-nya.

Tunggu dulu. Mengejar passion sebetulnya tak harus membuat kalian resign dari tempat kerja. Banyak juga yang melakukannya bebarengan tapi memang harus pandai mengatur waktu. Meski begitu, keluar dari tempat kerja dinilai sebagai solusi untuk bisa fokus.

Bicara soal passion, kalian tentu punya kecenderungan berbeda-beda. Umpama kalian punya keinginan kuat dalam bidang bisnis, mulailah berbisnis dari hal yang kecil, semisal membuka peluang usaha rumahan yang lagi tren.

Meskipun kalian melihat persaingan bisnis yang kian ketat, toh, nyatanya masih saja ada celah di mana kalian bisa masuk membawa tren baru yang tentunya dibutuhkan konsumen kekinian. Malah kalau kalian tekun di bidang itu, prospek untuk menjadi bisnis besar makin terbuka lebar.


1. Jualan Produk Online

Jual beli aneka pakaian, sepatu, tas, dompet, bahkan produk kecantikan kini tak harus mengandalkan toko fisik yang bisa jadi membuat kalian harus sewa tempat sehingga keluar banyak modal. Beruntungnya kalian hidup di era kecanggihan teknologi, jualan pun bisa dilakukan remotely.

Jualan produk di online shop, tak hanya membuat kalian hemat modal, tapi juga hemat tenaga dan efektifitas waktu. Pasalnya online shop bisa dikerjakan di rumah. Selain itu juga tak mengharuskan kalian takut terlambat kerja, berpakaian rapi, dan bangun pagi.


2. Jasa Menulis Artikel

Semakin pesatnya teknologi internet sebagai penyedia informasi menarik dan terkini, peluang usaha jasa menulis artikel juga kian digemari belakangan ini. Kalau kalian punya kemampuan menulis yang bagus, tak ada salahnya mencoba menekuni usaha ini di rumah.

Tak banyak yang tahu, terkadang usaha semacam ini menjadi pergunjingan para tetangga. Tetangga bertanya-tanya mengapa kalian tak pernah keluar rumah tapi penghasilan melimpah. Terkadang kalian harus bekerja keras menjelaskan bahwa menulis juga jenis pekerjaan.


3. Jasa Membuat Website atau Blog

Syarat utama kalian bisa membuat website atau blog yaitu lebih dulu kalian punya kemampuan coding. Ilmu ini tak hanya bisa dipelajari dari kuliah di jurusan IT, tapi juga otodidak. Jika kebetulan kalian punya kemampuan ini, peluang usaha ini sangat menjanjikan jika kalian tekun menggeluti.

Semakin banyak portofolio web yang berhasil kalian selesaikan, nilai tawar kalian akan semakin tinggi. Tak mengherankan jika untuk membuat satu web saja kalian bisa mendapat income mencapai jutaan rupiah.


4. Jasa Membuat Desain Grafis

Lagi-lagi sebagai jawaban dalam mengimbangi kemajuan teknologi, menggambar desain bisa dilakukan secara digital. Jika kalian berbakat dan punya skill di desain grafis, misal mencipta ilustrasi, tipografi, dan lainnya maka peluang usaha rumahan yang lagi tren ini wajib dicoba.

Untuk menekuni profesi keren ini, kalian tak cuma dituntut kreatif saja, tapi juga harus pandai memanfaatkan peralatan modern spesifikasi tinggi dan familiar dengan software penunjang seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, dan lainnya.


5. Usaha Jual Bubur Bayi

Sungguh mulia sekali usaha rumahan yang kalian lakukan satu ini. Pasalnya, di saat ibu-ibu muda yang sibuknya luar biasa harus dihadapkan pada kekhawatiran produk bubur bayi instan, kalian menawarkan solusi dengan menjajakan bubur bayi rumahan yang tinggal saji.

Komponen gizi dalam bubur harus kalian perhitungkan jika kalian serius membuka usaha bubur MP-ASI. Untuk memenuhi kebutuhan gizinya, bayi setidaknya makan dengan menu 4 bintang. Pun usia bayi menentukan tekstur makanan seperti apa yang cocok untuk pencernaannya.


6. Usaha Jasa Laundry

Sebetulnya jenis usaha laundry tak mengenal tren. Malah keberadaan usaha ini selalu ada di setiap tren dan justru semakin meningkat dari tahun ke tahun. Kalian bisa saja menjadi salah satu yang meramaikannya mengingat permintaan konsumen yang selalu meningkat.

Terlebih jika posisi rumah kalian berada di lokasi strategis, seperti di sekitar kampus, kos-kosan mahasiswa, di tengah pemukiman, atau asrama karyawan, usaha ini terbilang sukses.


7. Bisnis Properti

Jika dulu bisnis properti dilakukan secara offline, kini semenjak berkenalan dengan internet, bisnis ini bisa kalian lakukan dengan online. Meskipun bisnis ini tak rutin dan bisa mendatangkan income sehari-hari, tapi keuntungan yang kalian dapat tak perlu diragukan, sangat menjanjikan.

Bisnis properti yang bisa kalian jalani dari rumah tak hanya sekedar kegiatan jual beli atau sewa menyewa hunian seperti apartment, perumahan, dan bangunan komersil lainnya, tapi juga merambah produk properti industri semisal pabrik.


8. Menjadi Vlogger dan Blogger

Siapa yang tak ingin menjadi terkenal dan dibayar? Kalau kalian punya tingkat percaya diri tinggi bicara di depan kamera, itu merupakan modal awal kalian untuk jadi seorang vlogger. Kemudian dukung dengan kamera bagus, skill videografi serta pelajari self-edit video sederhana.

Berbeda dengan vlogger, jadi blogger lebih mengutamakan keahlian kalian mengolah tulisan yang menarik. Dalam hal ini kalian harus menentukan tema apa yang ingin kalian tulis dalam sebuah blog lalu konsisten menjalaninya.

Peluang usaha rumahan ini tak sesingkat jualan kacang; hari ini jual, hari ini dapat untung. Penghasilan bisnis ini bisa kalian dapat dari Pay Per Click (PPC), pasang Ad Sense, atau mengikuti program afiliasi.


9. Bisnis MLM (Multi Level Marketing)

Sebetulnya bisnis MLM sudah lama marak dan sempat tenggelam karena beberapa faktor. Tapi belakangan ini mendadak naik lagi ke permukaan. Kalau kalian merasa punya kemampuan komunikasi yang cukup baik, barangkali usaha rumahan yang lagi tren ini cocok untuk kalian.

Dalam bisnis MLM ini, kalian tak hanya menawarkan produk, tapi juga mencari downline, agar posisi kalian sebagai upline terus mendapat bonus. Masalahnya, jika semua orang sudah menjadi downline, bonus macam apa yang akan didapat downline terakhir?


10. Usaha Katering Diet Rumahan

Usaha kuliner memang selalu menjanjikan. Selama masakan kalian sesuai dengan lidah konsumen, dijamin pasti akan laris dan banyak pesanan. Inovasi terbaru dari usaha katering, belakangan di perkotaan dengan tingkat pola hidup yang tak sehat sedang tren katering diet.

Untuk menunya kalian bisa membuat variasi selama kandungan gizi seimbang dan porsi yang cukup. Soal harga bisa disesuaikan dengan jenis menu. Tapi yang termudah dan sesuai kantong adalah pilih menu berdasarkan bahan-bahan yang gampang didapat.


11. Usaha Kerajinan Tangan

Siapa bilang koran bekas tidak berguna? Jika kalian cukup kreatif dan imajinatif, coba tantang diri kalian untuk berkreasi membuat produk kerajinan tangan yang laku di pasaran. Tak cuma koran bekas, benang rajut dan cangkang telur kalian juga bisa menghasilkan nilai jutaan rupiah.

Selain bisa kalian kerjakan di dalam rumah, bisnis ini tak perlu bahan yang mahal sebagai modal. Atas nama kreatifitas, sekurang berharganya nilai suatu barang, di tangan kreatif kalian, akan menjelma menjadi produk estetik dengan harga tinggi.

0 tampilan
  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

#CobaKonsultasiAja