CALL US TODAY FOR A CONSULTATION

+62 821 2607 8588

11 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa, Minim Modal tapi Untung Maksimal

Diperbarui: Jun 8

Menjadi mahasiswa tak selamanya membuat kalian berpikir harus menjalani takdir dengan uang saku pas-pasan. Menggantungkan uang kiriman dari orangtua tak selalu bisa diandalkan, apalagi jika harus ikut kegiatan di luar kampus yang seringnya tak masuk perhitungan orangtua.

Kalian berhak bahagia menjalani hidup di tanah orang dengan uang saku yang berkecukupan. Menjadi mahasiswa berarti kalian memiliki waktu yang fleksibel dan cukup banyak waktu luang.

Lantas, apa gunanya punya banyak waktu luang tapi tak punya cukup banyak uang? Sementara itu, menjadi mahasiswa kekinian dituntut selalu tahu perkembangan zaman. Menjadi tahu tak cukup hanya dengan berdiam diri dalam kamar kos-kosan, buka media sosial dan ngobrol dengan teman.

Bahkan sekedar pergi nongkrong untuk keperluan tugas atau memutuskan berpetualang juga butuh uang. Kalau kalian masih saja mengandalkan jatah orang tua, kapan kalian jadi pribadi yang mandiri kalau tidak dimulai saat menjadi mahasiswa?

Menambah penghasilan saat kuliah adalah impian semua mahasiswa. Tak cuma sekadar menambah uang jajan, malah kalau beruntung bisa buat bayar SPP dan jalan-jalan. Ragam ide bisnis untuk mahasiswa yang minim modal tapi untung maksimal bisa kalian coba sekarang juga.


1. Bisnis Online Shop

Peluang bisnis satu ini banyak digemari karena kalian bisa memulainya tanpa modal, terlebih bagi mahasiswa. Mengapa bisa tanpa modal? Sebab untuk mulai dari awal, kalian bisa memakai sistem penjualan dropshipper atau reseller.

Online shop yang bisa kalian jalani yaitu berjualan produk pakaian, sepatu, tas, aksesoris, dan produk kecantikan. Yang menyenangkan, target bisnis ini tak terbatas pada teman di kampus, tapi juga konsumen lain yang tertarik produk kalian di dunia maya.

Seberapa untung yang bisa kalian raih, tergantung seberapa tekun kalian berbisnis. Tapi ingat, jangan hanya karena keasyikan bisnis online, kuliah kalian malah dikesampingkan.


2. Bisnis Snack/Camilan Ringan

Kalian punya ide untuk tidak membiarkan teman kuliah kelaparan atau kehausan di jam-jam kuliah, sementara hanya ada jeda waktu kuliah cuma sebentar sehingga tak cukup untuk berjalan ke kantin untuk memesan es dan camilan? Tepat sekali, kalian harus pandai membaca peluang.

Mengisi peluang dengan produk yang memang dibutuhkan adalah ciri khas pejuang bisnis seperti kalian. Tak perlu membawa stok makanan banyak, secukupnya saja yang penting hari itu camilan kalian habis. Dan yang terpenting, jangan sampai membuat dosen mengusir kalian.


3. Bisnis Jual Beli Buku Bekas

Ide bisnis untuk mahasiswa yang minim modal tapi untung maksimal ini sangat menjanjikan. Pasalnya semua mahasiswa pasti butuh buku. Tapi tak semua mahasiswa mampu membeli buku baru. Sedang buku bajakan bukan pilihan.

Sebagai jawaban atas kegelisahan tersebut, kalian bisa hadir sebagai pemecah masalah. Kalian bisa mengumpulkan bermacam buku bekas dari senior, pengepul buku bekas, teman, dan yang lain, untuk dijual kembali kepada teman kuliah atau yang membutuhkan.


4. Bisnis Jual Pulsa dan Kuota

Salah satu peluang bisnis bagi mahasiswa yang tak butuh modal besar yaitu bisnis jualan pulsa. Meski tiap transaksi hanya mendapatkan untung sekitar 500 – 1500 Rupiah, tapi jika betul-betul ditekuni maka akan mendapat hasil yang menggiurkan.

Tapi jangan salah, bisnis ini seringnya banyak makan hati. Kalian harus siap jika merugi karena sering yang mengambil bon. Pasalnya, yang mengutang teman sendiri, yang notabene sama-sama mahasiswa rantau dan bayarnya nanti-nanti. Mau nagih tak enak, tak ditagih keenakan.


5. Bisnis Les Privat dan Bimbingan Belajar

Sudah saatnya menguji keahlian dan ilmu yang kalian dapat di bangku kuliah dengan membuka peluang usaha yang satu ini. Menjadi pengajar les privat atau bergabung di suatu bimbingan belajar tak hanya menularkan ilmu pada orang lain, tapi juga cara kalian untuk menguasai materi.

Biasanya les privat paling laku yaitu mata pelajaran Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, dan lainnya. Jenjang pendidikannya pun beragam, dan kalian bisa menentukan sesuai keahlian dan kemampuan mengajar.


6. Bisnis Service Laptop atau Komputer

Peluang usaha yang sangat menjanjikan bagi kalian yang kuliah di jurusan Komputer. Kebutuhan mahasiswa pada laptop atau komputer demi menunjang perkuliahannya kini sudah menjamur. Kalau mahasiswa zaman dulu masih numpang di warnet, mahasiswa sekarang harus punya sendiri.

Yang jadi masalah yaitu jika laptop tiba-tiba rusak, dan sayangnya tak tiap orang mampu memperbaiki. Keahlian kalian merupakan jawaban. Meski butuh alat reparasi yang lengkap, tapi tak menjadi masalah kalau kalian tekun dan menjalin kerja sama dengan sesama teman, misalnya.


7. Bisnis Pembuatan Website

Baik setiap institusi seperti perusahaan, sekolah, kampus, dan toko online memerlukan eksistensi diri di dunia maya bernama website. Konon, keberadaan website ini untuk menilai seberapa kredibel institusi tersebut.

Peluang kalian sebagai mahasiswa yang ahli di bidang programmer, kalian bisa menggunakan keterampilan mengolah kode Personal Home Page (PHP), Active Server Pages (ASP), atau Content Management System (CMS).


8. Bisnis Interpreter

Kata siapa kuliah jurusan bahasa tidak ada gunanya. Untuk mematahkan stigma buruk itu, kini waktunya kalian membuktikan diri. Bahasa asing yang kalian pelajari di atas bahasa sehari-hari tak cukup untuk membuat bisa dan mengerti saja, tapi juga berguna.

Menerjemahkan pidato atau pertemuan, film, dan buku berbahasa asing bisa menjadi pilihan karir kalian jika terjun ke bisnis penerjemahan. Modalnya tak besar, kecuali seperangkat gadget dan laptop, keahlian, dan selebihnya ketekunan.


9. Bisnis Penulis Lepas

Menekuni bisnis penulis lepas tidak mengharuskan kalian kuliah di jurusan bahasa. Kemampuan kalian dalam menuangkan ide dalam bentuk tulisan merupakan modal awal kalian untuk menjadi penulis lepas.

Di samping itu, kalian tak perlu terikat waktu. Kewajiban kalian sebagai mahasiswa yang utama. Menjadi penulis yang terpenting yaitu hasil karya, baik itu artikel biasa, atau karya sastra semacam puisi, cerpen, dan novel.


10. Bisnis Web Programmer and Blogger

Kalian beruntung jika punya keahlian sekaligus sebagai programmer dan writer. Tanpa kalian lelah berpanas ria menawarkan produk, kalian hanya perlu membuat situs, mengelola, dan mengisinya dengan konten berkualitas.

Konten yang bisa kalian buat misalnya berhubungan dengan mata kuliah, hobi, e-commerce, dan lain sebagainya, yang sekiranya menarik minat pembaca. Monetisasi blog yang kalian dapatkan dari bisnis ini bisa dari Pay Per Click (PPC), Adsense, dan produk yang terjual di blog kalian sendiri.


11. Bisnis Guiding, Tour and Travel

Bisnis ini terdengar cukup menyenangkan di antara semua ide bisnis bagi mahasiswa yang ingin menghidupi dirinya sendiri saat kuliah. Jika kalian punya hobi traveling, kalian bisa mencoba memanfaatkan pengetahuan kalian sebagai pemandu wisata lepas.

Peluang suksesnya sangat besar jika kalian mau tekun di bidang ini. Bahkan jika kalian mau mengasah skill lebih dalam lagi, kalian bisa bergabung menjadi anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) yang tersertifikasi.

0 tampilan
  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

#CobaKonsultasiAja