© 2019 trusvation .  All rights reserved.

konsultan pajak dan accounting software di Indonesia.

  • Instagram
  • Facebook
  • YouTube
Cari
  • trusvation

11 Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Berada di rumah bukan berarti tak memiliki penghasilan. Saat kalian memutuskan membuka usaha rumahan mungkin banyak di antara kalian yang dicemooh tetangga atau teman dan melabeli kalian dengan sebutan pengangguran dan malas-malasan.

Sebentar, apakah selama ini kalian mendefinisikan ‘bekerja’ sebagai kegiatan mencari uang ‘pergi pagi pulang malam’? Kalau iya, betapa sempit sekali pengertian itu untuk seorang pebisnis muda dan berwawasan seperti kalian.

Bukankah desifinisi dasar bekerja yaitu melakukan satu kegiatan tertentu demi mendapat hasil berupa uang? Jadi mengapa absennya kalian ‘pergi pagi pulang malam’ yang meskipun berpenghasilan tidak disebut bekerja?

Baiklah, anggap saja kalian hidup di era pengangguran berpenghasilan. Tak perlu didengar apa cemoohan orang, yang penting, bisnis rumahan yang menjanjikan di tangan kreatif kalian bisa menghidupi diri sendiri dan keluarga. Syukur kalau berkembang jadi bisnis yang besar.


1. Peluang bisnis Online Shop

Dalam perkembangan teknologi dan pesatnya internet, peluang bisnis online menempati peringkat teratas sebagai bisnis tanpa modal di awal usaha. Peringkat ini bukannya tanpa alasan, bisnis online shop termasuk peluang bisnis yang mudah dijalankan disamping sangat dibutuhkan keberadaannya.

Kemudahan sistem penjualan yang memungkinkan kalian untuk terus menjalankan bisnis ini mungkin cukup masuk akal. Kalian bisa memilih menjadi dropshipper atau reseller, dan kalian cma perlu memesan barang pesanan konsumen, selanjutnya supplier yang mengemasnya.


2. Jasa Laundry Kiloan

Di era modern yang segala sesuatunya bergerak cepat ini, hampir tiap orang memilih menitipkan kegiatan mencuci bajunya di jasa laundry kiloan yang saat ini sudah banyak tersebar di berbagai kota.

Terlebih jika tempat tinggal kalian berada dekat dengan kampus dan mess karyawan, usaha kalian pasti memiliki tempat tersendiri dalam menjawab kebutuhan konsumen. Kalau beruntung, seiring berjalannya waktu, kalian bisa mengembangkan bisnis laundry menjadi usaha yang besar.


3. Jasa Katering Harian

Memiliki hobi masak tapi tak tersalurkan? Tenang, kalian membuka bisnis ini sebagai bisnis rumahan, kalian tak hanya menyalurkan hobi tapi juga mengais untung secara berlipat-lipat. Kalian juga dapat mengenyangkan perut semua orang, itu yang utama.

Konsumen kenyang, kalian senang. Dan kalau tiap hari selalu ramai orderan, bisa dipastikan bisnis kalian akan akan berkembang dalam waktu singkat. Itu karena yang namanya bisnis katering sebagai penyedia makanan pokok tidak akan pernah ada matinya.

Untuk memulainya, kalian cuma perlu masak makanan yang enak dan disenangi orang banyak. Bahkan bisa saja kalian melakukan demo sekaligus promosi terhadap calon konsumen yang berada di sekitar lokasi saat kalian membuka usaha katering.


4. Jasa Penjahit Pakaian

Untuk memulai usaha, coba kalian manfaatkan berbagai skill kalian. Tidak mungkin kalian terlahir tanpa skill apapun. Umpama skill kalian adalah menjahit, maka mulailah menerima pesanan baju kecil-kecilan dengan kualitas bagus yang memuaskan konsumen.

Hasil yang bagus dan mampu membuat konsumen merasa harus memuji hasil karya kalian, ada pintu gerbang bagi jalan kalian memulai bisnis. Biasanya para konsumen akan me-review hasil kerja kalian dan merekomendasikan ke teman dan keluarga mana penjahit yang bagus.

Bisnis ini cukup menjanjikan bagi usaha rumahan kalian. Sebab penjahit atau tailor akan selalu menjadi kebutuhan sepanjang waktu, semisal menjahit pesanan baju sekolah, seragam partai, seragam perusahaan tertentu, dan lain sebagainya.


5. Produksi Makanan Ringan

Setiap orang pasti menyukai camilan, bisa saat menonton film, menemani hujan, mengobrol dengan teman, dan kegiatan apa saja pasti jenis makanan satu ini sangat dibutuhkan. Untuk memproduksinya menjadi bisnis rumahan, kalian hanya perlu belajar dan belajar.

Belajar membuat makanan enak saja tidak cukup, kalian harus mampu memasarkan produk tersebut dengan pintar. Gunakan teknologi untuk menjaring konsumen.

Strategi marketing menggunakan metode milenial juga sangat diperlukan, seperti memberi harga promo, minta testimoni, dan mengadakan demo. Pasti calon konsumen akan tertarik dan mencobanya.


6. Jasa Cucian Motor

Membangun jasa cucian motor merupakan ide bagus untuk bisnis rumahan di zaman dengan orang-orang yang serba instan dan ingin langsung jadi ini. Tapi sebelum memulai bisnis ini, ada yang perlu kalian pertimbangkan adalah ketersediaan tempat yang luas.

Kalau ternyata halaman rumah kalian tak cukup untuk menampung beberapa parkiran motor, mungkin kalian bisa mencari ide lainnya untuk membangun bisnis rumahan. Atau kalau perlu, sewalah suatu tempat yang luas dan ramai permintaan cucian motor.


7. Peluang Bisnis Afiliate Marketing

Sebagai salah satu bisnis dengan Passive Income, bisnis Afiliate Marketing ini hampir mirip dengan salah satu sistem penjualan online yaitu dropshipping. Cara kerjanya yaitu dengan memanfaatkan datangnya komisi atas keberhasilan kalian menjual produk tertentu.

Modalnya pun tidaklah besar, kalian cuma perlu laptop atau gadget, koneksi internet yang stabil, dan sejumlah ketekunan. Akan tetapi agar bisnis tersebut berjalan semakin pesat, coba kalian pertimbangkan untuk membuat website khusus produk yang kalian jual itu.


8. Sewa Peralatan Play Station

Kalau kalian punya modal yang sedikit lebih besar, usaha rumahan satu ini juga cukup menjanjikan. Memang siapa manusia di dunia ini yang tidak butuh hiburan? Bagi sebagian orang, terkadang hiburan tak perlu pergi terlalu jauh.

Bermain game mobile atau play station adalah caranya menghibur diri. Dekat tempat tinggal pelanggan dan sudah pasti tak semahal saat pergi traveling ke luar kota, hiburan menyenangkan ini pasti banyak peminatnya.


9. Budidaya Ikan Hias

Banyak orang bisa hidup karena hobi. Mengawinkan hobi dengan ide usaha sedikit gampang-gampang susah. Kalian tetarik mencobanya? Baik, tentukan dulu apa hobi kalian sebelum memutuskan untuk mengomersilkan kegiatan pengisi waktu yang bisa mendatangkan uang itu.

Semisal kalian punya hobi mengoleksi berbagai macam ikan hias. Karena ingin membangun usaha tapi tanpa harus meninggalkan hobi, kalian bisa memusatkan diri sebagai penyedia ikan hias yang dicari sesama teman atau pelanggan yang memiliki hobi yang sama.

Untuk menjalankannya, kalian butuh modal yang cukup besar dan kemampuan kalian membaca pasar. Tidak mungkin kalian menjual ikan arwana di saat harga jual sedang turun-turunnya.


10. Usaha Desain Grafis

Kemampuan khusus kalian dalam mendesain produk sepertinya bisa diadu di kancah kehidupan sebagai bisnis rumahan. Siapa yang tak bergerak cepat, maka akan ketinggalan jauh. Memanfaatkan skill tertentu tak serumit yang dibayangkan.

Bayangkan saja hal-hal mudah agar bisnis rumahan cepat laku dan esoknya perlu ditingkatkan. Kalian bisa mulai dengan mendesain kaus, animasi 3D, layout-ing logo, kartu nama, dan juga iklan. Intinya mulai saja dulu, hasil akhir pikirkan belakangan.


11. Jasa Penulis Lepas

Usaha berwujud fisik dinilai terlalu menguras tenaga dan kalian tidak bisa istirahat dengan mudah, maka usaha rumahan satu ini bisa kalian coba. Faktor penting yaiyu kalian harus mampu menulis dan riset data.

Untuk menulis artikel umum, biasanya cenderung mudah dan kalian akan mendapatkan income dari sana. Sebab kebutuhan pemilik website akan konten-konten semakin tinggi untuk saling berebut pengunjung di dunia maya. Itu terjadi setiap hari.

https://static.aturduit.com/articles/wp-content/uploads/2017/10/Ide-Usaha-Sampingan.jpg

10 tampilan