CALL US TODAY FOR A CONSULTATION

+62 821 2607 8588

10 Langkah Untuk Menghemat Anggaran Keuangan

Diperbarui: Jun 8

Kalian semua pastinya ingin mencari tahu cara menyimpan uang yang kalian hasilkan dengan susah payah. Tapi apa kalian yakin sudah mengetahui cara yang tepat untuk menyimpan setumpuk uang?

Masalahnya, kebanyakan tips menyimpan uang yang kalian tahu selalu berubah dari waktu ke waktu sehingga sulit diingat. Tapi dari banyak referensi, setidaknya ada beberapa aturan yang harus kalian ikuti.


1. Tentukan Tujuan

Tujuan merupakan inti penting dalam hidup. Dengan punya tujuan, hidup jadi lebih tertata dan lebih terfokus. Tujuan yang jelas bisa menuntun hidup jadi lebih berarti. Tapi pernahkah kalian berpikir kenapa sering kehilangan kesempatan meski sudah melakukan yang terbaik?

Salah satu alasan paling jelas adalah karena kalian tak menentukan tujuan akhir yang harus dicapai. Karenanya, ketahui apa yang ingin kalian capai guna meningkatkan motivasi diri untuk menggapai tujuan, dan membuat kerja keras lebih terkonsentrasi.

Satu lagi, saat menentukan tujuan yang ingin dicapai, pastikan tujuan tersebut sangat realistis untuk dilakukan, dan cobalah selalu memberi batas waktu di tiap tujuan yang sudah ditetapkan.


2. Tetap Fokus Pada Tujuan

Setelah punya tujuan dari menghemat uang, pasti kalian lebih tahu apa yang harus dicapai, berarti inilah waktu yang tepat untuk mulai fokus mengeksekusi tujuan yang telah dicanangkan. Ingat, jangan sampai keluar dari pakem rencana yang dibuat di kondisi apapun.

Saat bicara tentang cara menghemat uang yang benar, kalian harus hindari kecenderungan apapun untuk mengeluarkan uang. Selalu pastikan tiap apapun yang dibeli adalah barang yang memang kalian perlu.

Jika perlu, hindari jalan-jalan karena kegiatan bisa memicu menggunakan uang tanpa kontrol. Kalian juga harus punya rencana anggaran untuk jangka waktu tertentu sehingga bisa ditelusuri kemana uang akan dibelanjakan. Buat rencana anggaran yang mengarah pada tujuan.


3. Hindari Membeli Barang Baru

Kalian tak harus membeli ponsel atau mobil model baru meski itu merupakan favorit kalian. Tak ada yang salah dengan barang lama jika masih bisa dipakai secara normal. Sebagai gantinya, kalian bisa melakukan update pada perangkat model lama agar terasa baru.

Uang kalian tak layak dihabiskan untuk barang-barang seperti itu, bahkan jika merasa harus membeli sesuatu yang paling diinginkan, cobalah berpikir dulu paling tidak selama satu minggu setelah edisi terakhir keluar.

Dan jika kalian masih ingin membeli, maka beli barang tersebut. Tapi jika tak jadi membeli, itu adalah sesuatu yang bagus karena kalian bisa menyimpan uang yang dikumpulkan dengan susah payah.


4. Maksimalkan Barang yang Kalian Punya Saat Ini

Jangan langsung membuang barang yang tak kalian sukai saat ini, entah itu karena sudah tak berguna atau sudah terlihat tua untuk dipakai. Jika barang tersebut masih berfungsi atau berguna, manfaatkan sampai barang tersebut tak bisa dipakai lagi.

Jika kalian masih merasa barang tersebut memenuhi ruang penyimpanan misalnya, coba keliling lingkungan tempat tinggal dan tengok rumah keluarga yang miskin lalu berikan daripada harus membuang barang.

Atau coba bicara pada mereka yang hidup di jalanan, siapa tahu mereka lebih butuh barang tersebut. Mereka adalah kandidat tepat yang bisa memaksimalkan barang yang kalian yang tak terpakai.


5. Jangan Membuat Sia-Sia Sesuatu

Tahukah jenis barang apa yang paling sering banyak dibuang? Makanan.

Salah satu studi menyebut, hampir sepertiga makanan di dunia sudah disia-siakan dengan cara dibuang, dan jika dijumlah harganya kurang lebih mencapai 7,5 triliyun rupiah. Bayangkan berapa banyak dari mereka yang masih kelaparan karena kekurangan makanan.

Jadi, coba berpikir berapa banyak uang yang bisa disimpan jika kalian mau merencanakan jenis makanan yang akan dibeli. Dan cobalah mulai sekarang mengurangi jumlah makanan yang dibuang dengan membuat rencana lebih dulu.


6. Buat Batasan

Dengan tahu batasan keuangan, itu berarti kalian mengurangi resiko kesalahan yang mungkin terjadi di kemudian hari. Kalian bisa saja pergi belanja tanpa memikirkan batas finansial, tapi imbasnya tagihan kartu kredit menumpuk. Ujung-ujungnya terjadi kredit macet.

Seperti halnya saat kalian pergi belanja, jika sudah tahu uang kalian terbatas meski melihat sesuatu yang sangat diinginkan, jangan pernah keluarkan kartu kredit dengan cara apapun. Kalian harus bertingkah seakan tak butuh barang tersebut dan segera pergi untuk menghindari.


7. Tetap Sehat

Mungkin kalian tahu istilah “kesehatan adalah kekayaan”, dan termasuk ungkapan yang paling sering muncul saat kecil. Ungkapan tersebut punya makna sederhana, tapi memberi menjelaskan kalau kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting.

Dengan tubuh sehat, kemungkinan untuk selalu berkarya selalu terbuka. Sederhananya, kesehatan bisa menghalangi kalian dari tagihan rumah sakit yang begitu mahal. Karenanya, menjaga kesehatan termasuk langkah tepat menghemat uang, dikarenakan biaya pengobatan di rumah sakit tak murah.


8. Cari Sumber Lain

Jika mau benar-benar hemat uang, kalian harus jadi sosok yang selalu punya kemauan mencari sumber pemasukan lain. Jika ingin beli barang mahal, cari sumber pendapatan lain untuk menambah tabungan. Atau, cari informasi toko lain yang menyediakan barang sama dengan harga murah.

Punya keinginan untuk selalu mencari toko lain bisa memberi efek bagus dalam keuangan. Ini karena kalian tak perlu menghabiskan banyak uang untuk mendapat barang yang sama. Lakukan perbandingan sederhana antara satu tempat ke tempat lain, lalu sesuaikan dengan keuangan kalian.


9. Berpikirlah Seperti Industri

Ada bermacam cara yang bisa dilakukan untuk mendapat sesuatu tanpa minta bantuan. Contoh, kalian bisa melakukan pekerjaan sendiri seperti bersih-bersih rumah, cuci baju, membersihkan mobil, bahkan menemani hewan kalian jalan-jalan.

Selain bisa menghemat uang, kondisi seperti ini bisa membuat produktivitas jadi lebih baik. Industri mengajarkan kalian untuk membuat dan melakukan sesuatu dari nol, dari mencari bahan, merakit hingga menggunakan.

Kalian tak perlu membayar orang lain untuk melakukan sesuatu yang bisa kalian kerjakan sendiri. Kalian akan menghabiskan uang, dan itu bukan langkah tepat menghemat uang.


Menghabiskan uang adalah bagian nyata dari kehidupan sehari-hari yang tak bisa dihindari, tapi ini harus dalam keadaan wajar. Kadang, kondisi seperti ini yang membuat tips menghemat uang menjadi tak berguna dan mustahil diikuti.

Sebisa mungkin, batasi pengeluaran bulanan tak lebih 70% dari pendapatan. Paling tidak, kalian sudah mencoba melakukan hal benar dengan menghemat uang sebisa mungkin, dan itulah tujuan sebenarnya. Sangat penting untuk menjaga kondisi keuangan agar masa depan tetap terjamin.

Membuat rencana menghemat uang selalu berhubungan dengan pemikiran. Cara berpikir yang tepat bisa membantu mengatur keuangan agar tidak boros. Cara berpikir juga harus fokus pada tujuan. Jika tujuan sudah dibuat, selanjutnya tinggal fokus menjalani rencana.

Tentunya fokus harus dibarengi dengan rencana yang wajar, agar tujuan tercapai dengan benar. Fokus pada apa yang jadi tujuan, dan pahami apa yang harus dan tidak harus dilakukan.



0 tampilan
  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram

#CobaKonsultasiAja